Selasa, 19 Desember 2017

Tanggapan Sutradara ‘Star Wars: The Last Jedi’ Soal Kritikan Fans

Moviehits.id - Star Wars: The Last Jedi akhirnya tayang di bioskop, dan ternyata sekuel The Force Awakens ini berakhir menjadi film yang cukup divisif, utamanya di kalangan fans. Di satu sisi, sebagian mengacungkan jempol pada penulis/sutradara Rian Johnson karena berani membawa franchise ini ke arah yang baru yang pantas diantisipasi. Di sisi lain, sejumlah “pelintiran” dalam cerita The Last Jedi tak jarang menyulut kemarahan fans, hingga mereka mengkritik pedas ide Johnson. 


Setelah beberapa hari terakhir menjadi bulan-bulanan di media sosial, Johnson pun akhirnya memberi tanggapan untuk segala komentar miring yang menyasar dirinya. Melalui Business Insider, Johnson mengakui pengalamannya sebagai fans Star Wars membuat dirinya memaklumi situasi saat ini. Johnson tahu betul bahwa antusiasme dan kepedulian fans begitu tinggi, dan terkadang Johnson juga sempat dicibir di Twitter karena hal tersebut. Bagaimanapun, Johnson memahami kritikan fans didasari oleh kepedulian mereka terhadap franchise Star Wars, dan ketika ekspektasi mereka tak terpenuhi, maka muncullah kekecewaan hingga kritikan. 

“Memang selalu mengecewakan (ketika ekspektasi tak terpenuhi). Jadi saya tak terbawa perasaan jika seorang fans menghujat saya di Twitter. Itu tak masalah. Sudah menjadi bagian dari pekerjaan saya untuk menghadapi hal seperti itu. (Karena) setiap fans punya daftar film Star Wars yang diinginkan dan yang tidak,”ujar Johnson. 

Lebih dari itu, Johnson juga membicarakan cara George Lucas dalam menggarap film Star Wars. Menurutnya, sang kreator tak pernah membuat film Star Wars berdasarkan apa yang ingin dilihat para fans. Dan kalaupun Johnson membuat film Star Wars berdasarkan permintaan fans, ia meyakini itu takkan berdampak positif untuk filmnya. Adapun Johnson juga menyatakan bahwa 80-90% reaksi yang ia terima di Twitter bernada positif. Alhasil, ketika membicarakan negatifitas yang melingkari The Last Jedi saat ini, Johnson menegaskan tidak semua fans kecewa dengan film besutannya.